Logo Bloomberg Technoz

"Masuknya Starlink akan memengaruhi bisnis internet dan operator telekomunikasi dalam  jangka menengah dan panjang. Jangan kaget saja jika ada operator telekomunikasi yang dalam 3-5 tahun akan collaps," bebernya.

Heru pun menduga Starlink merupakan pertukaran atas rencana investasi Tesla di Indonesia. Oleh sebab itu, kata dia, perlu ada batasan waktu.

"Bilamana hingga enam bulan ke depan Tesla tidak jelas jadi tidaknya investasi di Indonesia," ucapnya.

Selain itu, ia juga menilai Starlink yang sudah melakukan uji coba di IKN hanya sebuah gimmick.

"Seolah mendukung ibu kota baru, padahal akan bisa jualan di manapun," nilainya.

Uji Coba di IKN, Kantongi Izin ISP dan VSAT

Kementerian Kominfo sebelumnya menerangkan bahwa Starlink telah mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP).

Perusahan juga telah membangun hub dan memenuhi standardisasi perangkat dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika.

“Jadi mereka ada kemungkinan sudah comply untuk VSAT. Untuk internet (ISP) dia harus bekerja sama dengan NAP, mungkin belum selesai perjanjian kerja sama,” ujar Dirjen PPI Kominfo Wayan Toni Supriyanto.

Uji coba akan dilakukan selama rentang periode Lebaran 2024 di IKN Nusantara, kata Menteri Kominfo Budi Arie dalam keterangan tertulisnya. Uji coba menggunakan satu ground segment.

(dec/ros)

No more pages