Logo Bloomberg Technoz

Emas mendapat dukungan dari meningkatnya risiko geopolitik, termasuk di Timur Tengah dan Ukraina, serta pembelian oleh bank sentral.

Pergerakan harga emas dan perak

Bullion menarik investor yang mencari diversifikasi portofolio dan lindung nilai terhadap ketidakpastian, menurut Joni Teves, ahli strategi logam mulia di UBS Group AG.

“Alasan untuk membangun alokasi strategis sangat kuat, dalam pandangan kami, mengingat risiko geopolitik yang terus berlanjut dan ruang lingkup volatilitas yang lebih tinggi serta ketidakpastian makro tahun ini,” ujarnya, dengan mengutip pemilihan presiden AS yang akan segera berlangsung sebagai contoh.

Namun, kenaikan emas telah membuat beberapa pengamat pasar bimbang, terutama karena suku bunga riil AS tetap tinggi, sesuatu yang biasanya menjadi penghalang bagi emas batangan.

“Saya yakin jika kita terus seperti ini, pasti ada semacam kantong udara, atau kita akan mengalami koreksi. Sepertinya tidak ada alasan fundamental yang bagus dan jelas, yang dapat digunakan oleh semua orang untuk melanjutkan pergerakan,” kata Kyle Rodda, analis pasar senior di Capital.Com Inc.

Emas spot turun 0,3% menjadi US$2.293,26 per ons pada pukul 12:31 siang di London, setelah reli selama tujuh sesi. Kenaikan tersebut telah mengangkat indeks kekuatan relatif logam 14 hari ke level yang dilihat oleh beberapa investor sebagai indikasi bahwa harga telah naik terlalu jauh, terlalu cepat.

Perak untuk pengiriman segera turun tipis setelah mencapai level intraday tertinggi sejak Juni 2021. Paladium turun dan platinum naik. Indeks Spot Dolar Bloomberg turun.

(bbn)

No more pages