Logo Bloomberg Technoz

Alasan Golkar Klaim Berhak 5 Kursi Menteri: Kepentingan Politik

Mis Fransiska Dewi
18 March 2024 19:00

Capres no urut 2 Prabowo Subianto melakukan pencoblosan di TPS desa Bojong Koneng, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Capres no urut 2 Prabowo Subianto melakukan pencoblosan di TPS desa Bojong Koneng, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Firman Soebagyo menanggapi ucapan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang menginginkan partainya mendapatkan jatah lima kursi menteri di kabinet capres nomor urut 02 Prabowo Subianto nanti.

Firman mengatakan bahwa kemenangan Gibran dalam Pilpres 2024 salah satunya karena diusung oleh Golkar. Pertimbangan lain adalah, jika dilihat berdasarkan hasil survei dukungan Golkar terhadap Prabowo dalam pilpres juga cukup besar. 

“Ini kepentingan politisnya kan, oleh karena itu juga menjadi salah satu bagian yang jadi pertimbangan,” kata Firman usai rapat Baleg, Senin (18/3/2024). 

Pada periode DPR mendatang, Firman menambahkan, Golkar juga bakal mendapatkan kursi legislatif yang cukup banyak. Atas pertimbangan tersebut, kata Firman, Golkar layak mendapatkan jatah kursi menteri dari pemerintahan Prabowo Subianto.

“Oleh karena itu ini ada kalkulasi politik tentunya. Kalkulasi politik ini yang mungkin direpresentasikan dalam bentuk bagaimana nanti portofolio di Kementerian,” cerita Firman.