Logo Bloomberg Technoz

PHRI Catat Okupansi Hotel Pekan Lebaran Sudah Capai 70%

Dinda Decembria
15 March 2024 18:40

Ilustrasi liburan keluarga di Hotel. (Envato/DragonImages)
Ilustrasi liburan keluarga di Hotel. (Envato/DragonImages)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat tren peningkatan okupansi atau keterisian hotel dan tempat penginapan pada periode libur perayaan lebaran 2024 atau Idulfitri 1445 Hijriah. Hal ini merujuk data pembukuan sementara pada H-7 hingga H+7 lebaran.

"Sampai hari ini sudah di posisi 70%. tapi biasa kan orang kita last minute booking juga," kata Wakil Ketua Umum PHRI bidang Perhotelan, Iswandi Said saat dihubungi, Jumat (15/3/2024).

Menurut dia, meski meningkat, data ingin menampilkan masih terbukanya potensi pemesanan atau reservasi tempat penginapan di sejumlah wilayah. Dia menilai, jumlah pemesanan akan terus meningkat karena pemudik juga tengah menimbang potensi cuaca pada periode mudik dan balik.

"Kalau kondisi sekarang, misalnya dari Jakarta mau ke Yogyakarta, kalau mau berpergian ternyata ada banjir [imbas cuaca ekstrem]. Itu membuat mereka [pemudik] lagi wait n see juga," ujar Iswandi.

Meski dalam rangka mudik dan balik, menurut dia, tingginya angka pemesanan tempat penginapan juga terjadi di daerah kampung halaman. Beberapa pemudik diklaim mengkombinasikan kegiatan pulang kampungnya dengan menginap di rumah keluarga dan hotel.