Logo Bloomberg Technoz

Investor Masih Bisa Dapat Dividen Bank BRI, Cek Jadwal Lengkapnya

Muhammad Julian Fadli
12 March 2024 08:00

Ilustrasi pelayanan Bank BRI. (Dok. BRI)
Ilustrasi pelayanan Bank BRI. (Dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) telah menetapkan cumulative date (cum date) pembagian dividen atas laba bersih tahun buku 2023 sebesar Rp48,1 triliun. Cum date merupakan waktu terakhir bagi investor yang ingin membeli suatu saham, sekaligus berhak atas dividen atau bagi hasil suatu Perusahaan.

Dalam keterangan resmi Bank BRI, cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi adalah besok Rabu, 13 Maret 2024, dengan posisi cum dividen di pasar tunai adalah dua hari berselang atau tepatnya Jumat, 15 Maret 2024.

Penetapan tanggal ex dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi, juga pasar tunai, masing-masing pada 14 Maret dan 18 Maret. Waktu Daftar Pemegang Saham (DPS) yang berhak atas dividen tunai adalah pada Jumat, 15 Maret 2024.

Pembayaran dividen Bank BRI direncanakan berlangsung pada 28 Maret mendatang, di mana total bagi hasil yang telah ditetapkan dalam RUPS Tahunan adalah Rp48,1 triliun atau setara dengan dividen per saham sebesar Rp319/saham. Dengan Dividend Payout Ratio (DPR) kurang lebih 80,04% dari laba.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. (Dok. BRI)

Adapun Bank BRI sudah membagikan dividen interim sebelumnya sebesar Rp84/saham, sehingga total dividen yang akan dibayarkan berdasarkan DPS untuk tahun buku sebesar Rp235/saham.