Logo Bloomberg Technoz

Pihak Altman menolak untuk berkomentar terkait hal tersebut.

Altman menjadi penginjil AI yang menjelajahi dunia, menggunakan mimbarnya untuk menginspirasi sekaligus menakuti prediksinya tentang manfaat teknologi bagi pemilu, seni, pendidikan, perekonomian, dan masyarakat.

Saat ChatGPT OpenAI mempercepat reli pasar saham, profilnya tumbuh dan waktu terbarunya di sorotan telah termasuk periode intrik dan kontroversi.

Elon Musk, salah satu pendiri OpenAI, menggugat Altman dan startup tersebut pada hari Kamis karena melanggar misi pendiriannya dengan mengutamakan keuntungan daripada memberi manfaat bagi kemanusiaan. 

Akhir tahun lalu, Altman tiba-tiba dipecat dari OpenAI setelah dewan mengatakan bahwa dia tidak “secara konsisten jujur dalam komunikasinya” tetapi dia dipanggil kembali beberapa hari kemudian. 

Sumber kekayaannya relatif tidak transparan. Altman berinvestasi dalam berbagai perusahaan tertutup seperti Neuralink milik Musk yang tidak mengungkapkan sahamnya secara tepat dan tidak termasuk dalam perhitungan kekayaan Bloomberg.

Menurut pengajuan regulasi dan perkiraan Bloomberg, sebagian besar kekayaan bersih yang dapat dilacak berasal dari US$1,2 miliar yang diinvestasikan dalam serangkaian dana modal ventura dengan variasi nama Hydrazine Capital.

Dia memiliki tambahan US$434 juta (Rp6,8 triliun) dalam dana di Apollo Projects, yang berinvestasi dalam “moonshots,” berdasarkan informasi dari situs websitenya.

Beberapa dana VC tersebut termasuk di antara entitas yang berafiliasi dengan Altman yang memiliki 8,7% dari Reddit, situs papan pesan populer yang mengajukan IPO minggu lalu. 

Penawaran tersebut bisa menilai perusahaan sebanyak US$6,5 miliar, lapor Wall Street Journal pada hari Jumat. Hal itu akan memberikan keuntungan besar untuk dana-dana tersebut, yang memiliki saham lebih dari dua kali ukuran saham pendiri Reddit, Steve Huffman.

Altman juga mengeluarkan uang secara besar-besaran pada dua startup yang kurang dikenal. Dia memimpin putaran investasi sebesar US$500 juta pada perusahaan fusi nuklir Helion Energy Inc. pada tahun 2021, dan dia menginvestasikan US$180 juta pada Retro Biosciences, yang sedang mengerjakan untuk memperpanjang rata-rata umur manusia sebanyak 10 tahun.

"Ini banyak," kata Altman kepada MIT Technology Review tahun lalu. "Saya pada dasarnya hanya mengambil seluruh kekayaan bersih likuid saya dan menanamkannya ke dalam dua perusahaan ini."

(bbn)

No more pages