Logo Bloomberg Technoz

“Seperti dalam layanan keuangan tradisional, pasti ada biaya dalam mengoperasikan bisnis yang teregulasi,” kata Ding Chen, kepala urusan regulasi di Bullish.

“Jadi kami telah memperhitungkan hal itu ke dalam strategi secara keseluruhan.”

Hong Kong beralih untuk menjadi pusat kripto pada akhir 2022, sebagai bagian dari upaya aktif  di tengah keraguan tentang masa depan kota tersebut. Saat ini ada dua bursa aset digital resmi, HashKey Exchange dan OSL Group.

Perkembangan peraturan kemungkinan akan berdampak pada cara OSL membangun bisnisnya, dan biaya adalah sesuatu yang harus dinilai, kata kepala urusan regulasi perusahaan Gary Tiu.

Sebagian besar dari sekitar US$64 miliar (sekitar Rp998 triliun) kripto yang mengalir ke Hong Kong pada tahun ini hingga Juni dilakukan dalam perdagangan OTC atau over the counter — dibandingkan melalui pertukaran aset digital, menurut data dari Chainalysis.

Toko-toko kecil yang tersebar di seluruh kota — yang menukar uang tunai dengan aset digital dengan sedikit pertanyaan — merupakan salah satu rute OTC. Regulator menindak gerai-gerai ini di bawah rencana yang diuraikan bulan Februari.

Hong Kong juga sedang menyusun peraturan untuk stablecoin dan terbuka untuk mengizinkan dana yang diperdagangkan di bursa yang berinvestasi langsung dalam mata uang kripto (ETF Spot) tertentu.

Pemerintah bulan lalu menjual obligasi hijau digital senilai US$750 juta (sekitar Rp11,7 triliun) menggunakan platform tokenisasi HSBC Holdings Plc.

(bbn)

No more pages