Logo Bloomberg Technoz

Selalu Ramai Pengunjung, Siapa Pemilik Dufan Ancol?

Redaksi
23 February 2024 18:00

Dufan. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Dufan. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dufan adalah taman rekreasi yang telah menjadi ikon di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, namun siapa sebenarnya yang memiliki Dufan?

Dufan, atau yang dikenal juga sebagai Dunia Fantasi, bukanlah sekadar taman rekreasi biasa. Diresmikan pada tanggal 29 Agustus 1985, Dufan menjadi destinasi favorit bagi banyak orang sejak itu.

Menurut sumber dari Wikipedia, konsep Dufan mulai digagas pada awal tahun 1980, ketika Ancol masih di bawah kepemimpinan Handogo Soekarno, yang menjabat sebagai kepala divisi promosi Taman Impian Jaya Ancol. Proyek ini menjadi kenyataan berkat inisiatif Benny Benhardi yang mengilhami ilustrasi awal menggunakan Birds Eye View.

Dalam proses pengembangannya, kera bekantan dipilih sebagai maskot utama Dufan, dengan tujuan untuk mengingatkan pada sejarah Ancol sebagai kawasan yang dahulu dihuni oleh kera. Pemilihan kera bekantan juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang jenis satwa langka yang perlu dilindungi.

Mengenal PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk: Pemilik Dufan

Dufan terletak dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, yang pengelolaannya sepenuhnya diserahkan kepada PT Pembangunan Jaya Ancol. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Grup Pembangunan Jaya.