Logo Bloomberg Technoz

Dirut BEI: Ada Opsi Kode Broker Dibuka Setiap Sesi

Mis Fransiska Dewi
23 February 2024 13:07

Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka peluang untuk membuka kode broker di setiap akhir sesi perdagangan Bursa. 

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan, pihaknya telah mendapat beberapa masukan dari pelaku pasar domestik karena kode broker sebelumnya dipakai sebagai acuan para trader domestik untuk bertransaksi saham mengikuti ‘bandar saham’.

“Mungkin kami buka bertahap jadi tiap sesi satu persatu. Kalau sekarang di akhir sesi kedua baru dibuka. Ke depan, mungkin sesi pertama,” kata Iman dikutip Jumat (23/2/2024).

Namun, hingga kini Iman belum bisa memastikan wacana tersebut bisa terealisasi dalam waktu dekat. Lebih jauh, ia mengatakan, salah satu alasan BEI menutup kode broker tersebut adalah untuk mengedukasi pasar agar keputusan jual beli sahamnya tidak bertumpu pada pergerakan broker. 

“Kami mau edukasi  juga, kalau enggak kita cornering, saya dulu zaman di sekuritas juga begitu. Kepala kantor saya cuma kerjanya kalau A beli, ikutan beli, itu kan enggak mengedukasi orang. Boleh jadi pengikut tapi akhirnya kan enggak sehat juga,” tutur Iman.