Logo Bloomberg Technoz

"Saya rasa di situlah letak keseimbangan risiko, ya," kata Haldane ketika ditanya apakah BOE dapat memperburuk resesi kecuali jika mereka melonggarkan kebijakan segera.

"Bagi saya kasus untuk menempatkan beberapa asuransi di muka, asuransi awal di sisi kebijakan moneter adalah kuat dan menguat, dan saya khawatir kita meninggalkan asuransi itu sedikit terlambat di tahun ini."

Pasar uang saat ini memperkirakan BOE akan mulai menurunkan suku bunga dari level tertinggi 16 tahun di 5,25% pada Agustus, tapi ekspektasi tersebut berubah-ubah minggu lalu setelah sejumlah sinyal ekonomi yang saling bertentangan. Para pejabat termasuk Gubernur Andrew Bailey mengatakan bahwa mereka ingin melihat lebih banyak tanda-tanda meredanya tekanan inflasi sebelum melonggarkan cengkeraman mereka.

BOE. (Dok: Bloomberg)

"Melesetnya inflasi dalam perjalanan naik adalah satu hal, dan hal ini terjadi, namun kemudian menghancurkan ekonomi dalam perjalanan turun," kata Haldane. "Pukulan ganda terhadap kredibilitas tersebut adalah pukulan yang jika saya adalah seorang bankir bank sentral, di pekerjaan lama saya, saya akan berusaha untuk menghindarinya."

(bbn)

No more pages