Logo Bloomberg Technoz

Menlu Qatar: Negosiasi Gencatan Senjata Gaza Tak Sesuai Harapan

News
19 February 2024 06:30

Bendera Qatar. (Dok: Bloomberg)
Bendera Qatar. (Dok: Bloomberg)

John Bowker - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri luar negeri Qatar mengatakan negosiasi untuk mengamankan gencatan senjata Israel-Hamas dan pembebasan sandera belum berjalan sesuai harapan. Isu-isu cara mengatasi krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza masih harus diselesaikan.

Pada akhir pekan lalu, Amerika Serikat (AS) memberi isyarat bahwa mereka akan menentang kemungkinan pemungutan suara di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan, dan mengatakan bahwa resolusi yang diusulkan mungkin “bertentangan” dengan berakhirnya konflik secara berkelanjutan.

Qatar adalah salah satu negara yang memediasi upaya untuk menghentikan perang, bersama dengan Mesir dan AS. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pekan lalu memilih untuk tidak mengirim delegasi untuk putaran baru perundingan di Kairo, dan menolak tuntutan Hamas dan menyebutnya sebagai delusi.

“Pola yang terjadi dalam beberapa hari terakhir tidak terlalu positif,” kata Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani pada hari Sabtu dalam diskusi panel di Konferensi Keamanan Munich. “Kami masih melihat beberapa kesulitan di sisi kemanusiaan dalam negosiasi ini.”