Logo Bloomberg Technoz

Investasi Langsung Asing ke China Anjlok, Terburuk dalam 3 Dekade

News
19 February 2024 05:00

Bendera China (Sumber: Bloomberg)
Bendera China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pertumbuhan kinerja investasi langsung perusahaan asing ke China sepanjang 2023 menurun dengan jumlah terendah sejak awal 1990-an, menunjukkan adanya tantangan ketika Negeri Tirai Bambu mencari lebih banyak investasi luar negeri untuk membantu perekonomiannya.

Kewajiban investasi langsung China dalam neraca pembayarannya meningkat sebesar US$33 miliar pada tahun lalu, turun 82% dibanding 2022, menurut data dari Administrasi Valuta Asing Negara yang dirilis pada Minggu (18/2/2024). Jumlah investasi asing baru ke negara tersebut merosot ke level terendah sejak 1993. Jumlah itu mencatat aliran moneter yang terkait dengan entitas milik asing di China.

Data tersebut menunjukkan dampak lockdown akibat Covid-19 dan pemulihan yang lemah pada tahun lalu. Investasi tersebut turun pada kuartal ketiga 2023 untuk pertama kalinya sejak 1998. Meskipun sedikit pulih dan kembali tumbuh pada kuartal terakhir, uang baru senilai US$17,5 miliar pada periode tersebut masih sepertiga lebih rendah dibanding periode yang sama tahun 2022.

Data SAFE, yang mengukur arus bersih, dapat mencerminkan tren keuntungan perusahaan asing, serta perubahan ukuran operasi mereka di China, menurut para ekonom. Menurut data Biro Statistik Nasional, laba perusahaan industri asing di China turun 6,7% tahun lalu dibandingkan tahun sebelumnya.