Logo Bloomberg Technoz

Simak Cara Terhindar dari Aplikasi Berbahaya Jelang Pemilu

Redaksi
11 February 2024 13:00

Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan saat ini terdapat tiga malware yang teridentifikasi berkaitan dengan Pemilu dan menghadirkan ancaman serius terhadap keamanan dan privasi data pengguna.

Ketiga malware terkait Pemilu 2024 dengan ekstensi APK yakni, CEK DATA PEMILIHAN UMUM 2024.APK, Daftar Pemilu 2024.APK, dan Simulasi Pemilu Pilpres 2024.txt.APK. 

Dalam melancarkan aksi kejahatannya, penyerang menyebarkan aplikasi yang berkaitan dengan Pemilu 2024 dengan cara mengirimkan pesan secara personal kepada masyarakat.

Berdasarkan hasil analisis tim analis malware BSSN terhadap aplikasi berbahaya yang berkaitan dengan Pemilu 2024, ditemukan bahwa setelah aplikasi diinstal, aplikasi dapat mencuri seluruh SMS yang masuk dengan cara melakukan permintaan perizinan yang berkaitan dengan SMS pada perangkat korban. 

Aplikasi berbahaya yang telah terinstal akan menampilkan tampilan sesuai dengan nama aplikasi berbahaya yang diterima korban. Dalam kasus ini berkaitan dengan Pemilu 2024, maka aplikasi berbahaya menampilkan logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah aplikasi terinstal.