Logo Bloomberg Technoz

Kebakaran Hutan Hebat Melanda Cile, Sedikitnya 46 Tewas

News
04 February 2024 08:30

Ilustrasi kebakaran hutan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kebakaran hutan. (Dok: Bloomberg)

Michael O'Boyle - Bloomberg News

Bloomberg, Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Valparaiso tengah Cile telah menewaskan sedikitnya 46 orang. Presiden negara tersebut pun mengirimkan pasukan militer pada Sabtu (3/2/2024) untuk membantu mempercepat evakuasi dari daerah padat penduduk.

Presiden Gabriel Boric mengatakan 40 orang tewas dalam kebakaran tersebut dan enam lainnya meninggal akibat luka bakar di rumah sakit. Dia berjanji akan melakukan penyelidikan menyeluruh atas penyebab kebakaran tersebut.

Dia menyalahkan suhu tinggi, angin kencang, dan kelembapan rendah yang menghambat upaya penanggulangan bencana. Pasukan militer dikerahkan untuk membantu menjaga ketertiban dan jam malam diberlakukan di seluruh wilayah untuk memudahkan pergerakan petugas penyelamat, katanya.

“Jumlah korban pasti akan bertambah dalam beberapa jam ke depan,” kata Boric dalam pidato yang disiarkan televisi. “Api membesar dengan sangat cepat. dan kondisi cuaca yang kita alami kemarin dan hari ini membuat pemadaman api menjadi jauh lebih rumit.”