Logo Bloomberg Technoz

AS Lancarkan Serangan Udara ke Iran, Buntut 3 Tentara Tewas

News
03 February 2024 12:00

Tentara AS. (Sumber: Bloomberg)
Tentara AS. (Sumber: Bloomberg)

Jennifer Jacobs - Bloomberg News

Bloomberg, AS melancarkan serangan udara terhadap pasukan Iran dan milisi di Suriah dan Irak sebagai balasan atas serangan drone yang menewaskan tiga tentara Amerika.

Membuat pemerintahan Biden masuk lebih dalam ke konflik yang meletus ketika militan Hamas menyerang Israel pada Oktober.

Pesawat pembom jarak jauh B-1 yang terbang dari AS menyerang 85 target di tujuh lokasi yang terkait dengan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran dan kelompok militan yang didanai Iran, menurut pejabat AS. Target termasuk fasilitas komando dan kontrol serta depot pasokan untuk roket, misil, dan drone, kata Komando Pusat AS.

Serangan udara tersebut telah dianggap hampir pasti setelah serangan 28 Januari terhadap sebuah pangkalan AS di Yordania, di mana tiga tentara tewas dan banyak lagi yang terluka. Presiden Joe Biden berusaha untuk menyesuaikan respons AS untuk mengirim pesan ke Iran dan mengurangi kemampuan kelompok militan untuk menyerang pasukan Amerika sambil menghindari konflik yang lebih besar.