Logo Bloomberg Technoz

Kemendag Sebut HET Minyakita Belum Tentu Naik

Dovana Hasiana
29 January 2024 18:20

MinyaKita di Pasar Murah Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)
MinyaKita di Pasar Murah Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan memastikan, harga eceran tertinggi (HET) Minyakita yang saat ini berada dalam level Rp14.000 per liter belum tentu akan mengalami kenaikan. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan, Kemendag saat ini memang tengah melakukan evaluasi. Meski belum tentu naik harga, dia mengklaim, HET Minyakita dipastikan tak akan turun. Alasannya, harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) tengah mengalami kenaikan. 

“Bukan berarti evaluasi harus naik, enggak lah. (Tapi) tidak mungkin turun karena kan harga CPO-nya naik. Tapi kan sedang kita evaluasi,” ujar Isy saat ditemui di Kantor Kementerian Perekonomian, Senin (29/1/2024). 

Menurut Isy, evaluasi HET melibatkan pemangku kepentingan (stakeholder) terkait yang terdiri dari tim kecil dan tim besar. 

Adapun tim kecil untuk evaluasi HET melibatkan kementerian teknis seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi. Sementara tim besar bakal melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim./Bloomberg Technoz-Rezha Hadyan