Logo Bloomberg Technoz

COP28 Dubai

PLN Ajak Komunitas Global Kolaborasi Wujudkan Energi Bersih


Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa PLN telah memiliki roadmap yang jelas dalam memimpin transisi energi di Indonesia (Dok: PLN)
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa PLN telah memiliki roadmap yang jelas dalam memimpin transisi energi di Indonesia (Dok: PLN)

Jakarta - PT PLN (Persero) terus menggenjot Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN) paling hijau sepanjang sejarah di Indonesia lewat strategi Accelerating Renewable Energy Development (ARED). Hal itu dilakukan guna mengejar target Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060 sekaligus mewujudkan kemandirian energi nasional.

Vice President for Afrika, Global Energy Alliance for People and Planet (GEAPP), Joseph Nganga mengatakan, seluruh aliansi yang tergabung dalam GEAPP dan Bank Dunia bekerja keras untuk terus mendorong transisi energi. Ia menilai progresnya sudah baik, karena teknologi, pasar dan pendanaan energi hijau sudah tersedia semua.

Oleh sebab itu, dirinya mengajak segenap pemegang kebijakan yang hadir di COP28 terus berkolaborasi mendorong transisi energi ini.

”Pemerintah mesti terus mendorongnya, karena semua sektornya masih sangat terfragmentasi. Hari ini kita melihat semua ingin berkolaborasi untuk mengatasi fragmentasi dan meningkatkan distribusi energi terbarukan demi mereduksi emisi,” jelas Nganga pada sesi diskusi “From Concept to Impact: Energizing Progress in the Global South’s Energy Transition and Investment Pathways”  by GEAPP, dalam rangkaian COP28 Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (01/12).

Business Leader & Author of “Net Positive” Paul Polman juga mengungkapkan, perubahan sistemik ini tidak bisa dilakukan secara terpisah. Komunitas dunia mesti berkoalisi untuk merancang konsep transisi energi yang berkelanjutan.