Logo Bloomberg Technoz

PLN Bangun PLTS Battery Storage di Papua 


Ilustrasi PLTS atap./Bloomberg-
Ilustrasi PLTS atap./Bloomberg-

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT PLN (Persero) melalui pemanfaatan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) berhasil menghadirkan dua Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas masing-masing 30 Kilowatt peak (KWp) di Kampung Samanente dan 20 KWp di Kampung Konderjan, Kabupaten Sarmi, Papua yang dilengkapi battery storage.

Pembangunan dua PLTS ini akan menyuplai listrik bersih di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) sehingga terang benderang sekaligus mendorong transisi energi di Indonesia.

Kepala Kampung Samanente, Yosep Uduas (53) mengungkapkan, masyarakat menyambut suka cita kehadiran listrik bersih PLN di kampung mereka. Yosep berharap adanya PLTS dapat mempermudah aktivitas masyarakat dan membangun perekonomian.

“Sebelumnya, kami hanya mendapat lampu emergency dan hanya bertahan kurang lebih satu sampai dua tahun, setelah itu rusak. Setelah dipasang PLTS, anak-anak sudah bisa belajar saat malam hari,” ungkap Yosep.

Yosep mengisahkan, sebelumnya karena suplai listrik yang terbatas, masyarakat harus mengandalkan pelita dengan minyak tanah yang harganya mencapai Rp50 ribu per lima liter. Dengan kehadiran PLTS ini, dirinya optimis tidak hanya penerangan masyarakat terjamin, tetapi juga memungkinkan penggunaan alat-alat listrik yang dibutuhkan masyarakat.