Logo Bloomberg Technoz

China-AS Berupaya jaga Tensi Politik di Tengah Pemilu Taiwan

News
11 January 2024 17:48

President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)
President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Xi Jinping mengatakan bahwa China ingin bekerja sama dengan AS untuk meningkatkan hubungan antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini. Pernyataan ini muncul hanya beberapa hari sebelum pemilihan umum di Taiwan yang dapat berdampak pada hubungan kedua negara untuk tahun-tahun mendatang.

"China bersedia bekerja sama dengan AS untuk mempromosikan perkembangan hubungan China-AS yang stabil, sehat, dan berkelanjutan," kata Xi dalam sebuah surat pada 4 Januari yang dirinci oleh Kementerian Luar Negeri pada Rabu.

Menurut pernyataan tersebut, pemimpin China ini juga mengatakan bahwa Beijing dan Washington harus "mencari lebih banyak keuntungan bagi kedua rakyat mereka, menyediakan lebih banyak barang publik untuk masyarakat internasional," dan berjuang untuk "keamanan, kemakmuran bersama, dan keterbukaan." 

Komentar tersebut muncul di tengah kesibukan aktivitas diplomatik antara China dan AS. Ini menjadi tanda kemajuan yang paling konkret sejak Xi dan Presiden Joe Biden akhir tahun lalu sepakat untuk memperbaiki hubungan yang memanas di sebagian besar tahun 2023.