Logo Bloomberg Technoz

Hal ini terutama bagi negara-negara yang bergantung pada Ekonomi secara ekonomi atau memiliki pandangan dunia yang serupa. 

Negara-negara yang meningkatkan hubungan dengan China tahun lalu termasuk negara tetangga Turkmenistan dan Kyrgyzstan, Zambia dan Ethiopia di Afrika, serta Venezuela, Uruguay dan Kolombia di Amerika Latin.

China juga meningkatkan hubungan dengan Kepulauan Solomon dan Nikaragua, dua negara yang telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan beralih kesetiaan kepada Beijing.

“Banyak dari negara-negara ini berada dalam wilayah persaingan dengan AS dan Barat,” kata Eric Olander, salah satu pendiri Proyek China-Global Selatan. 

Bagi mereka yang condong ke China, “mereka akan dihargai dengan peningkatan hubungan diplomatik untuk mengunci mereka di dunia Tiongkok,” tambahnya.

Beijing memiliki label berbeda untuk hubungan bilateralnya. Istilah ini menggunakan istilah “kemitraan strategis segala cuaca” untuk Pakistan, Belarusia, dan Venezuela untuk menggambarkan persahabatan yang tetap kuat meskipun diuji dalam berbagai kondisi. Bagi AS, hal ini menggambarkan hubungan tersebut sebagai “hubungan kekuatan besar tipe baru.”

Hubungan dengan Singapura secara resmi ditingkatkan menjadi “kemitraan menyeluruh yang berkualitas tinggi dan berwawasan ke depan” pada bulan April, yang mencerminkan komitmen mereka untuk berkolaborasi di berbagai bidang seperti ekonomi digital dan pembangunan ramah lingkungan.

China menggunakan kata “strategis” untuk menggambarkan banyak hubungan barunya. Hal ini menandakan kedua belah pihak tidak hanya menjalin pertukaran dan kerja sama bilateral, namun juga dapat berkoordinasi dalam urusan internasional dan regional, menurut China Institute of International Studies, sebuah wadah pemikir yang berafiliasi dengan kementerian luar negeri.

Ada perubahan dalam cara Xi melakukan hubungan diplomatik. Dia mengurangi perjalanan internasional tahun lalu, hanya menghabiskan 12 hari di luar Tiongkok untuk mengunjungi empat negara, jumlah terendah dalam satu tahun non-pandemi sejak dia berkuasa.

Sebaliknya, Xi malah menyuruh pejabat asing datang menemuinya. Ia menjadi tuan rumah bagi sekitar 70 pemimpin negara-negara Selatan pada tahun lalu, jumlah terbanyak sejak tahun 2019 berdasarkan perhitungan Bloomberg, sebagian besar melalui dua pertemuan puncak dengan negara-negara Asia Tengah dan sebuah forum yang merayakan Belt and Road Initiative yang merupakan proyek pembangunan infrastruktur andalannya.

(bbn)

No more pages