Logo Bloomberg Technoz

Untuk perilisan motor listrik, Astra Honda Motor menyiapkan kedua model, baik battery swap ataupun charging. “Rencananya ingin [merilis seri] beberapa, supaya customer punya pilihan,” ucap dia.

Kedua sistem baterai pada motor listrik, bagi David, memudahkan konsumen. Semua tergantung pada preferensi dan kondisi dari masing-masing rumah tangga.

Honda PCX Electric milik Astra Honda Motor.(Dok astra-honda.com)

Pemerintah akan memberi insentif dalam bentuk super tax deduction atau pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk impor barang modal pabrik pembuat EV. Sebanyak 200.000 sepeda motor listrik unit 2023 akan mendapat subsidi snilai Rp 7 juta per unit. Syaratnya, kendaraan tersebut diproduksi di Indonesia dan memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 40%.

Telah ada 35 perusahaan dalam negeri yang mencoba memasarkan motor listrik dengan teknologi battery electric vehicles atau BEV. Beberapa diantaranya, Indika lewat merek Alva One, Juara Bike dengan seri E Max.

Juga ada merek Volta yang merupakan perusahaan patungan SiCepat dan NFC Indonesia. Terdapat pula merek lain seperti Viar, Polytron, Charged, Uwinfly, hingga United Motor.

Pergerakan harga saham ASII dalam sepekan terakhir. (Dok Bloomberg)

Astra Honda Motor merupakan bagian dari grup bisnis besar PT Astra International Tbk (ASII) dalam bentuk investasi ventura bersama dengan kepemilikan 50%. Dalam dokumen kinerja keuangan 2022 disebutkan, pendapatan bersih Astra Honda Motor tahun lalu mencapai Rp 80,47 triliun, naik 9,6% dari periode sebelumnya. Laba Astra Honda Motor naik 3,2% dari 2021 menjadi Rp 6,55  triliun.

Nilai investasi Astra International di Astra Honda Motor tercatat Rp 6,8 triliun dengan hasil bersih sejumlah Rp 3,3 triliun. Nilai investasi dan hasil bersih mengalami kenaikan masing-masing 1,16% dan 1,71%.

Pada perdagangan hari ini, Selasa (7/2/2023), saham Astra International justru jatuh. Saham ASII melemah 125 poin atau 2,06% ke posisi Rp 5.950. Dalam sepekan terakhir saham ASII berada pada tren turun, dengan catatan nilai saham tertinggi di level Rp 6.175.

(wep/wdh)

No more pages