Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Masih Siapkan Calon Pengganti Firli Bahuri di KPK

Pramesti Regita Cindy
30 December 2023 20:00

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street Carnival, Jayapura, 7 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street Carnival, Jayapura, 7 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, belum menentukan sosok calon pengganti Firli Bahuri untuk mengisi posisi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia juga belum bisa menyebut meski sudah ada empat nama calon yang bisa dipilih.

"Masih dalam proses semuanya," kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Sabtu (30/12/2023).

Dia pun belum bisa memastikan kapan Istana akan menuntaskan pemilihan calon untuk dikirim ke Dewan Perwakilan Rakyat. Berdasarkan UU KPK, presiden harus memilih nama pengganti pimpinan KPK yang mundur atau berhenti sebelum masa jabatan berakhir.

Para calonnya adalah lima nama yang pernah menempuh proses akhir pada Seleksi Calon Pimpinan KPK, pada 2019. Nama calon tersebut kemudian dikirim ke Komisi III DPR untuk diundang menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

"Ya aturan kita ikutin semua," ujar Jokowi.