Logo Bloomberg Technoz

Pentingnya Daihatsu untuk Kinerja Astra International (ASII)

Mis Fransiska Dewi
28 December 2023 09:00

Dok. Menara Astra
Dok. Menara Astra

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Astra International Tbk (ASII) menjadi perhatian pelaku pasar. Ini seiring dengan mencuatnya skandal Daihatsu Motor Co., Ltd., yang memalsukan hasil uji keselamatan hingga berujung pada penundaan ekspor, termasuk dari Indonesia.

Tertujunya perhatian pasar ke ASII bukan tanpa alasan mengingat kontribusi penjualan mobil Daihatsu melalui Astra Daihatsu Motor tergolong tidak kecil. Astra Daihatsu Motor sendiri merupakan entitas ASII yang memiliki hak ekslusif untuk menjual mobil merek Daihatsu.

Dalam laporan keuangan ASII per September 2023 bahkan disebutkan jika Astra Daihatsu Motor merupakan entitas yang material terhadap grup. Ini mengingat Astra International (ASII) memiliki 31,87% saham Astra Daihatsu Motor.

Selama periode Januari-September 2023, pendapatan bersih dari penjualan Astra Daihatsu Motor sebesar Rp58,43 triliun. Dengan kepemilikan efektif 31,87%, laba bersih yang diperoleh ASII dari penjualan itu sebesar Rp2,28 triliun.

Laba bersih segmen otomotif Astra International (ASII) sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini sebesar Rp9,58 triliun.