Logo Bloomberg Technoz

PDIP Lempar ke Jokowi Soal Desakan Mahfud MD dan Prabowo Mundur

Pramesti Regita Cindy
18 December 2023 20:45

Cover-Cek-Fakta-Debat-Capres-Cawapres-Perdana-polos
Cover-Cek-Fakta-Debat-Capres-Cawapres-Perdana-polos

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melempar tanggung jawab kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal dua orang menteri yang menjadi peserta Pemilu 2024. Mereka adalah Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD yang menjadi cawapres nomor urut 03; dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang menjadi capres nomor urut 02.

"Saya kira Presiden harus tegas. Harus mundur bareng atau cuti bareng, dua-duanya kan semuanya kandidat, Pak Mahfud mundur, Pak Prabowo mundur, itu aja, kan paling gampang itu," kata Politikus PDIP, Aria Bima, Senin (18/12/2023).

Hal ini disampaikan sebagai respon pembicaraan masyarakat tentang kurang fokusnya kerja Mahfud dan Prabowo di Kabinet Indonesia Maju karena menjadi peserta Pemilu. Keduanya pun harus mengajukan cuti dan menghabiskan akhir pekannya untuk kampanye dan penggalangan suara.

Bahkan, kritik ini juga dilontarkan usai dua pejabat negara tersebut diduga melakukan kampanye terselubung pada sela-sela kegiatan kementerian. Padahal, pada saat acara atau kegiatan tersebut, keduanya menggunakan fasilitas negara.

Prabowo dan Mahfud pun didorong untuk melepas jabatannya sebagai menteri agar fokus sebagai peserta Pemilu 2024.