Logo Bloomberg Technoz

Kurang dari Sebulan, Jokowi Desak K/L Kebut Belanja Negara 95%

Redaksi
11 December 2023 18:00

Wamen Kemenkeu, Suahasil memberikan Keterangan Pers terkait Sidang Kabinet Paripurna. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Wamen Kemenkeu, Suahasil memberikan Keterangan Pers terkait Sidang Kabinet Paripurna. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan seluruh kementerian/lembaga (K/L) untuk memastikan jajarannya dapat merealisasikan belanja negara hingga di atas 95% dari total pagu. 

Hal itu disampaikan Kepala Negara dalam Sidang Kabinet Persiapan Natal dan Tahun Baru 2023-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023).

"Presiden memberi arahan agar setiap K/L bisa memastikan seluruh jajarannya bahwa APBN bisa direalisasikan semaksimal mungkin di atas 95%," ujar Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam Konferensi Pers usai sidang kabinet.

Suahasil menilai K/L sangat memungkinkan untuk bisa mengoptimalisasi penggunaan anggaran belanja negara, terutama jika bisa memanfaatkan waktu dua sampai tiga pekan ke depan hingga akhir tahun.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluhkan kinerja belanja pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang minim. Saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) 2024 di Istana Negara, pada Rabu (29/11/2023), Kepala Negara menyoroti anggaran pemerintah pusat yang baru terserap 74%. Anggaran pemerintah daerah bahkan baru terserap 64%.