Logo Bloomberg Technoz

Harga Tembaga Melonjak 17%, Lampaui US$10.000 per Ton

News
10 May 2024 19:15

Tembaga (Dok: Bloomberg)
Tembaga (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Harga tembaga melampaui US$10.000 per ton didorong oleh prediksi pasokan global yang lebih ketat dan konsumsi yang meningkat di kendaraan listrik serta jaringan listrik. Hal ini terjadi meskipun ada tanda-tanda penurunan permintaan di negara pengguna utama, China.

Harga tembaga telah melonjak 17% tahun ini di tengah kekhawatiran akan kekurangan, karena tambang tua diperkirakan akan kesulitan untuk memenuhi permintaan. Menurut analis ANZ Group Holdings Ltd termasuk Daniel Hynes, pertumbuhan pasokan sedang stagnan. Mereka mengatakan harga perlu bertahan di sekitar US$12.000 per ton untuk mencapai tingkat pengembalian 10% untuk tambang berkapasitas 300.000 ton.

Namun, produsen fabrikasi China sedang mengurangi pembelian logam olahan sebagai tanggapan atas kenaikan harga baru-baru ini. Pabrik kabel tembaga di China beroperasi pada 73% kapasitas bulan lalu, turun 14 poin persentase dari tahun lalu, menurut survei dari Shanghai Metals Market yang diterbitkan minggu ini.

Macquarie Group Ltd mengatakan dalam catatan minggu ini bahwa logam dasar termasuk tembaga berisiko mengalami penurunan. Karena kenaikan harga baru-baru ini lebih didasarkan pada ketakutan investor kehilangan keuntungan, daripada perubahan yang terlihat pada keseimbangan pasar yang mendasar.