Logo Bloomberg Technoz

Tsunami Kecil Landa Jepang Imbas Gempa di Filipina

Redaksi
03 December 2023 10:00

Jepang (Sumber: Bloomberg)
Jepang (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tsunami kecil dilaporkan terjadi di daerah sepanjang pantai Pasifik Jepang pada Minggu pagi setelah gempa berkekuatan 7,6 skala ritcher terjadi di Filipina Selatan.

Diberitakan Kyodo News mengutip BMKG Jepang, Tsunami setinggi 40 centimeter terjadi di Pulau Hachijo di rangkaian Izu dekat Tokyo, dan Tsunami setinggi 20 centimeter terjadi di beberapa pulau lain dalam rangkaian tersebut. Gelombang setinggi 20 centimeter juga dilaporkan terjadi di wilayah pesisi prefektur Wakayam dan Kochi di Jepang bagian barat.

Namun kini, dikutip dari NHK, BMKG Jepang telah mencabut peringatan Tsunami untuk seluruh wilayah pesisir. Tidak ada korban jiwa atau kerusakan yang dilaporkan karena Tsunami tersebut.

Sebelumnya, gempa bumi dengan kekuatan 7,6 skala ritcher (SR) mengguncang lepas pantai selatan Filipina pada Sabtu. Kejadian ini menyebabkan banyak penduduk desa meninggalkan rumah karena panik setelah pihak berwenang mengeluarkan peringatan Tsunami sekitar tengah malam waktu setempat.

Diberitakan oleh Associated Press mengutip Survei Geologi Amerika Serikat (AS), gempa terjadi di kedalaman 32 kilometer. Belum ada laporan mengenai kerusakan besar atau korban jiwa.