Logo Bloomberg Technoz

Bencana Awal Desember: Awan Panas Merapi hingga Longsor Humbahas

Mis Fransiska Dewi
02 December 2023 10:45

Gunung Merapi muntahkan Awan Panas Guguran (APG) pada hari ini, Jumat (1/12). (Sumber Foto: CCTV BPPTKG - Badan Geologi)
Gunung Merapi muntahkan Awan Panas Guguran (APG) pada hari ini, Jumat (1/12). (Sumber Foto: CCTV BPPTKG - Badan Geologi)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Memasuki Desember 2023, Indonesia diterjang bencana alam di beberapa daerah. Mulai dari muntahan awan panas guguran (APG) di Gunung Merapi, Jawa Tengah hingga tanah longsor di Kabupaten Humbahas, Sumatra Utara.

Menurut keterangan resmi Badan Nasional Penanggulanganan Bencana (BNPB), APG dari kawah puncak Gunung Merapi meluncur dengan jarak luncur 2.000 meter pada Jumat (1/12) pukul 19.27 WIB mengarah ke barat daya (Kali Bebeng) dan 1.200 meter ke arah selatan (Kali Boyong) pada pukul 19.47 WIB.

“Pantauan Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi [BPPTKG], luncuran APG yang pertama terjadi dalam durasi 228 detik dengan amplitudo maksimal 40 mm. Kemudian, yang kedua berdurasi 132 detik dengan amplitudo maksimal 42 mm,” papar BNPB dalam siaran pers, dikutip Sabtu (2/12/2023).

Hasil perekaman visual dari kamera televisi sirkuit tertutup atau yang dikenal close circuit television (CCTV) Jurang Jero milik BPPTKG-Badan Geologi, terlihat gumpalan kolom abu vulkanik yang membumbung tinggi setelah lava pijar meluncur dari bagian kawah yang berada di puncak Gunung Merapi.

Dari pantauan CCTV tersebut kolom abu kemudian tertiup angin menuju ke arah barat daya-barat-barat laut.