Logo Bloomberg Technoz

Menkes Budi Respons Gaduh Penolakan Nyamuk Wolbachia

Septiana Ledysia
29 November 2023 15:30

Menkes Budi G. Sadikin dalam acara peluncuran whitepaper Genomics: Leapfrogging into the Indonesian healthcare future (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Menkes Budi G. Sadikin dalam acara peluncuran whitepaper Genomics: Leapfrogging into the Indonesian healthcare future (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus Demam Berdarah di Indonesia bisa diatasi oleh nyamuk wolbachia. Karena sudah terbukti dengan secara data, fakta dan ilmu pengetahuan (science).

“Wolbachia ini adalah bakteri alami bukan bakteri rekayasa genetik dan hampir ada diseluruh serangga. Penelitian ini sudah lama, tahap-tahapannya tidak ada yang dilewatkan. Jadi secara data, secara science, secara fakta sudah jelas sekali, itu sebabnya kemenkes yakin ini diimplementasikan,” kata Menkes Budi dalam paparannya di rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI yang ditayangkan di akun YouTube Komisi IX DPR RI Channel.

Menkes Budi mengatakan saat ini kasus demam berdarah di Indonesia terus meningkat selama 50 tahun terakhir. Segala cara sudah dilakukan oleh Kemenkes untuk menurunkan angka tersebut hingga menghabiskan miliaran rupiah tidak membawa hasil.

“WHO kasih standar untuk incident rates dari DBD kalau bisa 10 per 100 ribu populasi. Indonesia sekarang 28,45 per 100 ribu populasi. Selama 50 tahun sudah lakukan segala macam program tapi tidak turun-turun walau sudah habiskan ratusan miliar,” ujar Menkes Budi.

Kasus DBD di Indonesia. (Sumber: Kemenkes)

Lalu, lanjut Menkes Budi mengatakan ada yang bisa membuat kasus DBD ini turun hingga di bawah sepuluh dan itu terjadi di Yogyakarta.