Logo Bloomberg Technoz

Kesepakatan itu, yang mencakup Departemen Kehakiman, Departemen Keuangan, dan Komisi Perdagangan Berjangka AS, mengakhiri penyelidikan bertahun-tahun terhadap bursa kripto itu.

Binance, yang juba mengakui bahwa mereka mengizinkan transaksi dengan Hamas dan kelompok teroris lainnya di platform mereka didakwa dengan tiga tuduhan, termasuk pencucian uang, menjalankan bisnis pengiriman uang tanpa izin, dan melanggar sanksi AS.

Bursa tersebut membayar denda kriminal sebesar US$1,8 miliar dan menyita US$2,5 miliar, menurut dokumen pengadilan yang dibuka pada Rabu.

Zhao menghadapi hukuman penjara hingga 10 tahun tetapi diperkirakan akan mendapatkan tidak lebih dari 18 bulan di bawah kesepakatan pembelaan yang tampaknya telah menyelamatkannya dari hukuman berat yang dihadapi oleh penjahat kripto terkemuka lainnya.

Departemen Kehakiman belum memutuskan berapa lama hukuman penjara yang akan mereka minta untuknya.

Pelanggaran Binance termasuk kegagalan untuk mencegah dan melaporkan transaksi mencurigakan dengan teroris, termasuk Brigade Al-Qassam Hamas, Jihad Islam Palestina, Al Qaeda, dan Negara Islam Irak dan Suriah, menurut Departemen Keuangan AS.

Pengumuman itu muncul ketika Israel dan Hamas terlibat dalam perang yang dimulai pada 7 Oktober.

Binance juga mengizinkan setidaknya 1,1 juta transaksi, senilai lebih dari US$898 juta, di platformnya antara pelanggan di AS dan Iran, menurut dokumen pengadilan.

“Binance menjadi bursa kripto terbesar di dunia sebagian karena kejahatan yang dilakukannya — sekarang ia membayar salah satu hukuman perusahaan terbesar dalam sejarah AS,” kata Jaksa Agung Merrick Garland dalam siaran pers.

“Binance menutup mata terhadap kewajiban hukumnya dalam mengejar keuntungan,” kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam siaran pers. “Kelalaiannya yang disengaja memungkinkan uang mengalir ke teroris, penjahat dunia maya, dan pelaku pelecehan anak melalui platformnya.”

Sebagai bagian dari kesepakatan pembelaannya dengan pemerintah, Zhao, yang memiliki kekayaan bersih US$23 miliar menurut Indeks Miliarder Bloomberg, telah mundur sebagai CEO Binance dan tidak dapat terlibat dalam pengelolaan perusahaan selama tiga tahun.

Richard Teng akan menggantikan Zhao sebagai CEO.

(bbn)

No more pages