Logo Bloomberg Technoz

Trudeau Bahas Gaza dengan Macron, Tak Serukan Gencatan Senjata

News
14 November 2023 10:15

Justin Trudeau (Sumber: Bloomberg)
Justin Trudeau (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan dia dan Presiden Prancis Emmanuel Macron membahas soal Gaza. Namun, ia tidak menyerukan soal gencatan senjata.

Trudeau menyerukan pembebasan sandera oleh Hamas dan sepakat tentang pentingnya akses terhadap bantuan kemanusiaan untuk warga sipil Palestina.

“Melalui telepon hari ini, Presiden @EmmanuelMacron dan saya menyampaikan keprihatinan mendalam kami atas krisis kemanusiaan yang mengerikan di Gaza, penderitaan warga sipil Palestina, dan hilangnya nyawa warga sipil. Kami juga menyerukan pembebasan segera mereka yang disandera Hamas,” kata Trudeau dalam akun Xnya.

Di Kanada sendiri pada Minggu lalu terjadi demonstrasi besar-besaran yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza. Meski demikian, Trudeau tak menyerukan gencatan senjata. Sebaliknya, pemerintah Kanada mendesak “jeda” dalam konflik tersebut.

Dalam wawancara dengan BBC sebelumnya, seperti dikutip dari Al Jazeera, Macron mendesak Israel untuk berhenti membom Gaza. “Bayi-bayi ini, wanita-wanita ini, orang-orang tua ini dibom dan dibunuh,” katanya.