Logo Bloomberg Technoz

Menanti Nyali RI Membeli Minyak Rusia demi Tekan Harga BBM

Sultan Ibnu Affan
11 November 2023 13:00

Ilustrasi produksi minyak Rusia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi produksi minyak Rusia (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kalangan pakar menilai harga bahan bakar minyak (BBM) akan menjadi jauh lebih murah jika saja Indonesia berani memutuskan untuk membeli minyak dari Rusia. Tidak hanya itu, beban impor BBM RI pun bisa jauh lebih dihemat.

Presiden Komisioner HFX Internasional Berjangka Sutopo Widodo berpendapat batas harga atau price cap  terhadap minyak Rusia di level US$60/barel bisa menjadi alternatif solusi yang patut dipertimbangkan Indonesia, pada saat rerata minyak dunia masih mendekati US$80/barel.

Meski hingga kini PT Pertamina (Persero) belum berani memutuskan untuk membeli minyak dari negara yang sedang disanksi Barat itu, Sutopo melihat peluang ke depan masih terbuka bagi Indonesia.

“Sangat mungkin, karena yang namanya konsumen akan selalu membeli harga barang yang lebih murah. Masalah sanksi, tidak memiliki dasar yang kuat. Sebagai negara nonblok, Indonesia akan bersikap netral,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (10/11/2023).

Hingga saat ini, hanya India dan China yang masih berani membeli minyak dari Rusia secara terbuka. India, misalnya, mengeklaim telah merasakan keuntungan ekonomis dari impor minyak yang lebih murah.