Logo Bloomberg Technoz

Menanti 5 Tahun, Emiten Anthoni Salim Dapat Konsesi JORR Elevated

Mis Fransiska Dewi
12 October 2023 11:45

Nusantara Infrastructure (Dok perusahaan)
Nusantara Infrastructure (Dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan tol milik Anthoni Salim, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melalui PT Jakarta Metro Exspressway (JKTMetro) telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) JORR Elevated Cikunir-Ulujami dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR. Penandatanganan ini dilakukan pada 11 Oktober 2023. 

Usai penandatanganan tersebut, JKTMetro resmi menjadi pemegang konsesi Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami setelah melewati proses panjang mulai dari perizinan pengembangan sejak 2018 hingga pada akhirnya mulai dilelang. Proyek jalan tol tersebut dibangun untuk menghubungkan wilayah Jati Asih, Bekasi dengan Ulujami, Jakarta Selatan sepanjang kurang lebih 21,6 km.

Direktur Utama JKTMetro Danni Hasan menyampaikan, pembangunan Jalan Tol Cikunir-Ulujami ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road 1 (JORR-1) yang sudah berdiri saat ini. “Sekaligus dapat mengurangi waktu tempuh rata-rata pengguna JORR-1 existing dengan meningkatkan kapasitas dan menyediakan jalur alternatif jarak jauh bagi pengendara yang akan bepergian dari dan ke Bandara Soekarno Hatta,” kata Danni dalam keterangan tertulis, Kamis (12/10/2023).

JKTMetro merupakan badan usaha yang didirikan khusus untuk pengusahaan jalan tol oleh konsorsium PT Marga Metro Nusantara (MMN) yang merupakan anak usaha dari META dengan kepemilikan saham mayoritas sebesar 85%, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) dengan kepemilikan saham sebanyak 10% dan PT Acset Indonusa Tbk (ACST) sebesar 5%.

Proyek JORR Elevated ini mempunyai nilai investasi kurang lebih Rp21,3 triliun dengan masa konsesi 45 tahun termasuk masa konstruksi.