Logo Bloomberg Technoz

Buwas Ungkap Rencana Impor Beras Lagi, Jaga Stok Awal Tahun

Dovana Hasiana
04 October 2023 14:15

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (bulog.co.id)
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (bulog.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama Bulog Budi Waseso memastikan pemerintah telah mengambil ancang-ancang untuk kembali mengimpor beras guna memastikan ketersediaan beras di awal tahun depan. Buwas menyebut rapat terbatas mengenai impor beras telah dilakukan pemerintah beberapa waktu lalu.

"Rapat secara teknis sudah, artinya kita antisipasi El Nino. Prediksinya Januari-Februari-Maret belum ada panen atau panennya mundur semua, berarti ada kemungkinan kita stoknya atau produksinya turun berkurang," ujar Buwas, sapaannya, di Pasar Beras Induk Cipinang, Rabu (4/10/2023).

Buwas memaparkan kekuatan stok beras sepanjang tahun ini yang dimiliki pemerintah. Saat ini stok beras di gudang bulog berada di angka 1,7 juta ton. Angka tersebut merupakan kumulatif dari penugasan impor 2 juta ton plus ditambah penyerapan dalam negeri sebanyak 870 ribu. 

"Sekarang yang sudah real ada di Bulog 1,7 juta ton sekian, yang sekarang kita pakai untuk operasi pasar dan segala macam dan bantuan pangan," ujar Buwas.

Guna mengantisipasi ketersediaan tahun depan, Buwas menyebut rencana impor akan dilakukan sesuai kebutuhan. Buwas tak ingin pihaknya bersikap 'bagaiamana nanti'.