Logo Bloomberg Technoz

Dua Peneliti Vaksin Covid-19 Raih Nobel Kedokteran

News
02 October 2023 20:00

Katalin Kariko (kiri) dan Drew Weissman (kanan). (Sumber: Bloomberg)
Katalin Kariko (kiri) dan Drew Weissman (kanan). (Sumber: Bloomberg)

Naomi Kresge dan Kati Pohjanpalo - Bloomberg News

Bloomberg, Dua ilmuwan telah memenangkan Nobel Prize dalam bidang kedokteran. Keduanya berjasa dalam penelitian yang menjadi dasar dari beberapa obat terlaris sepanjang masa, yaitu vaksin messenger-RNA (mRNA) yang digunakan untuk melawan Covid-19.

Katalin Kariko dan Drew Weissman membantu memajukan teknologi yang memungkinkan Moderna Inc. dan kemitraan Pfizer Inc.-BioNTech SE untuk dengan cepat mengembangkan vaksin. Vaksin-vaksin tersebut telah diberikan kepada ratusan juta orang di seluruh dunia, yang menjadi langkah penting untuk meredakan pandemi virus corona.

Berdasarkan pernyataan Nobel Assembly di Karolinska Institute di Stockholm pada hari Senin (2/10/2023) Kariko dan Weissman akan membagi hadiah sebesar 11 juta krona atau setara Rp15,5 miliar.

Para ilmuwan tersebut menunjukkan cara untuk memecahkan salah satu masalah utama dari mRNA dengan menyesuaikannya agar tidak menyebabkan peradangan. Penelitian mereka, yang diterbitkan pada tahun 2005, adalah salah satu elemen dasar yang memungkinkan zat tersebut dimasukkan ke dalam tubuh.