Logo Bloomberg Technoz

Saudi Bergegas Majukan Tenaga Nuklir Gara-gara Iran Jalan Terus

News
26 September 2023 08:55

Kantor gedung pencakar langit di King Abdullah Financial District (KAFd), Riyadh, Arab Saudi, Kamis (19/1/2023). (Jeremy Suyker/Bloomberg)
Kantor gedung pencakar langit di King Abdullah Financial District (KAFd), Riyadh, Arab Saudi, Kamis (19/1/2023). (Jeremy Suyker/Bloomberg)

Jonathan Tirone-Bloomberg News

Bloomberg, Arab Saudi menyatakan bakal makin maju dalam hal pengembangan tenaga nuklirnya. Saudi mengatakan kepada pengawas internasional badan atom IAEA bahwa pihaknya akan memiliki akses yang lebih luas terhadap fasilitas-fasilitas atom.

Diketahui bahwa negara-negara Teluk Arab menerapkan pedoman pemantauan yang lebih luas dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan membatalkan seperangkat aturan yang dianggap menghambat program nuklirnya, kata Menteri Energi Pangeran Abdulaziz Bin Salman Al Saud di Wina pada Senin.

“Kerajaan Saudi berkomitmen melalui kebijakannya mengenai energi atom dengan menerapkan standar tertinggi dalam hal transparansi dan keandalan,” kata Pangeran Abdulaziz dalam sambutannya pada konferensi umum tahunan IAEA tersebut.

Dengan langkah itu artinya Arab Saudi akan bisa mengakses pasokan bahan fosil dan mulai mengoperasikan reaktor pertamanya yakni sebuah unit penelitian kecil yang dibangun dengan bantuan Argentina. Hal ini juga akan berhubungan dengan adanya tender pertama pembangkit listrik tenaga nuklir di negara Teluk Arab tersebut.