Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un Bakal Buka Lagi Akses Warga Asing ke Korut

News
25 September 2023 21:20

Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara (Korut) akan mulai mengizinkan orang asing masuk ke negaranya untuk pertama kali sejak menutup perbatasan saat awal pandemi Covid-19 pada 2020. Mereka membuka kembali keran pendapatan yang pernah menjadi sumber mata uang bagi negara tersebut.

Dilaporkan oleh stasiun TV pemerintah China, CCTV, Korea Utara mengumumkan orang asing dapat mulai masuk ke negaranya pada Senin (25/9/2023). Pengunjung akan dikarantina selama dua hari setelah memasuki negara tersebut. Namun, belum ada laporan langsung dari media pemerintah Korut mengenai kabar ini.

Pemerintahan Kim Jong Un secara perlahan telah melonggarkan pembatasan perbatasan yang diberlakukan hampir empat tahun yang lalu. Pada Juli, mereka telah mengizinkan delegasi tingkat tinggi dari China dan Rusia untuk berkunjung, dan mengirim pesawat komersial pada bulan Agustus ke Beijing dan Vladivostok untuk memulangkan para diplomat, mahasiswa, dan pekerja yang terjebak di luar negeri akibat pembatasan perbatasan.

Wisatawan dari negara-negara seperti China sebelumnya merupakan sumber mata uang asing yang penting bagi Korea Utara yang kekurangan uang. Para pengunjung tersebut membantu negara melakukan transaksi di luar negeri, sementara tetap terisolasi dari perbankan internasional.