Logo Bloomberg Technoz

Subsidi Diperluas, Produsen Motor Listrik Pede Genjot Produksi

Dovana Hasiana
21 September 2023 15:50

Perakitan motor listrik Alva di Alva Manufacturing Facility, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (20/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Perakitan motor listrik Alva di Alva Manufacturing Facility, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (20/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  PT Ilectra Motor Group (IMG) selaku pemegang merek motor listrik Alva menyambut positif penetapan kebijakan perluasan penerima program bantuan untuk pembelian motor listrik roda dua berbasis baterai senilai Rp7 juta. 

President Director IMG, Purbaja Pantja mengatakan sistem dari pemerintah terkait program insentif ini sudah berjalan sejak semalam, Selasa (19/9/2023), sehingga pihaknya mengharapkan peningkatan penjualan motor listrik. 

Menurutnya, pemberian insentif dapat mendorong minat masyarakat untuk beralih dan menggunakan motor listrik. Buktinya, Purbaja melanjutkan, India sebagai negara yang juga menerapkan kebijakan insentif mengalami peningkatan pengguna motor listrik dengan jumlah yang signifikan. 

“Kami excited dengan program insentif yang sejak kemarin malam sudah go live. Kami semangat dan kami berharap adoption rates dari pengguna motor listrik akan meningkat dan ini sudah ditunjukkan di negara-negara lain seperti India. Dengan adanya insentif, adoption rates akan meningkat,” ujar Purbaja saat ditemui di Fasilitas Perakitan Alva, Rabu (20/9/2023). 

“Di negara-negara lain contohnya di India sudah terbukti bahwa dengan subsidi dan insentif ini akan mendongkrak pasar untuk motor listrik. Jadi teman-teman juga bisa coba lihat di India itu sebenarnya pasarnya seperti apa dan mereka ini sudah melakukan ini contohnya 2-3 tahun yang lalu,” lanjutnya.