Logo Bloomberg Technoz

Atasi Overtourism, Venesia Akan Berlakukan Biaya Masuk Rp82.000

News
13 September 2023 21:00

Wisatawan di Venesia. (Sumber: Bloomberg)
Wisatawan di Venesia. (Sumber: Bloomberg)

Antonio Vanuzzo dan Flavia Rotondi - Bloomberg News

Bloomberg, Venesia berupaya mengatur masuknya wisatawan ke kota laguna yang bersejarah tersebut dengan berencana memberlakukan biaya masuk harian sebesar 5 euro atau Rp82.000. Upaya ini dilakukan juga untuk melindungi ekosistem yang rentan dan warisan budayanya yang berharga.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan secara resmi pada Selasa (12/9/2023) kota ini akan memulai program uji coba berbayar tersebut tahun depan, dan berlangsung selama sekitar 30 hari. Terutama selama periode liburan. Pengunjung berusia 14 tahun harus membeli tiket masuk untuk berkunjung selama satu hari, sementara pekerja dan penduduk wilayah Veneto masih diizinkan masuk secara gratis.

Menurut data regional terbaru, pariwisata di Venesia melonjak pada kuartal pertama tahun ini, dengan sekitar 2,5 pengunjung. Dibandingakan tahun lalu, pengunjung di Venesia tercatat 1,5 juta orang.

Kota ini, yang terdiri dari lebih dari 100 pulau, merupakan ibu kota bersejarah Republik Venesia. Kota ini tumbuh menjadi kekuatan maritim regional dan salah satu pusat keuangan internasional pertama di dunia selama masa Renaisans.