Logo Bloomberg Technoz

Gen Z Niat Beli Rumah, Kalah dengan Gaji yang Seadanya

Septiana Ledysia
05 September 2023 15:50

Pekerja merenovasi rumah subsidi pemerintah di Kawasan Ciseeng Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pekerja merenovasi rumah subsidi pemerintah di Kawasan Ciseeng Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - "Tak hanya kantong, waktu dan lokasi juga jadi masalah utama."

Pernyataan-pernyataan seperti itu sering dilontarkan para generasi Z (Gen Z) saat ditanya mengenai alasan mereka tidak mau membeli rumah. Para Gen Z lebih memilih menyewa apartemen atau kos-kosan.

Seperti yang diceritakan oleh Shinta saat berbincang dengan Bloomberg Technoz, Selasa (5/9/2023) mengatakan dengan gaji yang diterima dia saat ini belum cukup untuk membeli rumah. Walaupun banyak agen properti yang menawarkan diskon dalam pembayaran down payment (DP) bahkan tawaran 0%.

“Harga properti tidak masuk akal, UMR saja tidak sampe Rp5 juta ditambah rumah-rumah murah sekarang mahal. Sekalinya ada yang murah memiliki akses jelek dan jauh,” kata Shinta.

Untuk itu, wanita 27 tahun ini lebih memilih menyewa rumah, apartemen ataupun kos-kosan di pusat kota atau lokasi yang dekat dengan kantor. “Mending saya nyewa, karena kalau saya KPR selama 50 tahun diitung-itung mengganggu pengeluaran dan makan apa sehari-sehari jadi mending nyewa. Nanti pas tua bisa tinggal di panti jompo premium,” tambahnya.