Logo Bloomberg Technoz

Perang Dagang Reda, AS Cabut Larangan 27 Entitas China

News
22 August 2023 13:55

Gina Raimondo (Sumber: Bloomberg)
Gina Raimondo (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) mencabut pembatasan terhadap 27 entitas, perusahaan dan organisasi China. Ini merupakan indikasi Washington menunjukkan niat baik untuk meredakan perang dagang menjelang kunjungan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo, ke Beijing bulan ini.

Departemen Perdagangan AS pada Senin (21/08/2023) menghapus beberapa entitas China, seperti perusahaan kimia dan produsen material baterai litium Guangdong Guanghua Sci-Tech Co., dan produsen sensor NanJing GOVA Technology Co, (dari daftar yang belum terverifikasi) yang membatasi kemampuan perusahaan untuk membeli teknologi dari AS.

Menurut pernyataan pemerintah AS, perusahaan-perusahaan tersebut dicabut dari daftar setelah berhasil menyelesaikan pemeriksaan penggunaan akhir yang memungkinkan Biro Industri dan Keamanan departemen perdagangan AS menetapkan "keabsahan dan keandalan" mereka.

Selain itu, AS juga mencabut pembatasan untuk beberapa entitas dari Indonesia, Pakistan, Singapura, Turki, dan Uni Emirat Arab dalam daftar itu.