Logo Bloomberg Technoz

Selamatkan Ekonomi, China Disarankan Segera Dorong Konsumsi

News
15 August 2023 10:50

Pengunjung berbelanja di Nanluoguxiang di Beijing, China, Sabtu (12/8/2023). (Bloomberg)
Pengunjung berbelanja di Nanluoguxiang di Beijing, China, Sabtu (12/8/2023). (Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Seorang penasihat di bank sentral China (PBOC) menyatakan bahwa pemerintah saat ini harus memprioritaskan bagaimana menggairahkan konsumsi rumah tangga. Pernyataan ini muncul di tengah pemulihan ekonomi yang lesu.

“Tujuan yang paling mendesak saat ini adalah untuk mendorong konsumsi rumah tangga. Kita perlu memanfaatkan semua saluran yang masuk akal, patuh hukum, dan ekonomis untuk memasukkan uang ke kantong warga,” kata Cai Fang, anggota komite kebijakan moneter di PBOC.

Cai Fang menambahkan dalam artikel yang diposting Senin (14/08/2023) malam di akun media sosial China Finance 40 Forum, salah satu lembaga pemikir ekonomi terkemuka di negara tersebut, bahwa pengangguran yang berlanjut pasca-pandemi telah menghambat pengeluaran rumah tangga dan diperkirakan kepercayaan konsumen akan melemah tanpa adanya kebijakan baru.

Ilustrasi ekonomi China (Sumber: Bloomberg)

Cai Fang adalah salah satu dari sekelompok ekonom yang vokal yang telah menyerukan stimulus langsung kepada konsumen untuk meningkatkan belanja, pendekatan yang sejauh ini belum diambil oleh Beijing.