Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Turun, Produsen iPhone Foxconn Ubah Proyeksi

News
14 August 2023 19:20

Apple iPhone (Sumber: Bloomberg)
Apple iPhone (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hon Hai Precision Industry Co., produsen iPhone yang juga dikenal sebagai Foxconn, kini memperkirakan penjualannya sepanjang tahun akan turun. Sebelumnya, perusahaan masih percaya hasil yang dicapai akan datar. 

Pengumuman Hon Hai terbaru ini menjadi sinyal lesunya angka rakitan perusahaan untuk produk Apple Inc. atau perusahaan elektronik lain.

Hon Hai melihat adanya peluang penurunan penjualan pada kuartal ini, juga sepanjang 2023. Sebagian besar segmen produksi mengalami kontraksi.

Perusahaan Taiwan ini, Senin (14/8/2023), melaporkan bahwa laba bersih NT$33 miliar atau sekitar US$1 miliar, lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata estimasi analis NT$25,93 miliar.  Namun, laba operasionalnya justru meleset. Sebelumnya, membukukan penurunan pendapatan sebesar 14% untuk periode yang sama. Ini penurunan pertama sejak tiga bulan terakhir pada 2021.

Hasil Hon Hai menekankan bahwa pasar elektronik global memburuk. Konsumen dan perusahaan menunda pengeluaran selama kemerosotan ekonomi. Dari Apple hingga Qualcomm Inc., dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, serta banyak pelaku industri teknologi telah memprediksi ini.

Angka performa Hon Hai Precision Industry Co Ltd. (Dok: Bloomberg)