Logo Bloomberg Technoz

Anies Menilai Australia Harusnya Bisa 5 Besar Mitra Dagang RI

Sultan Ibnu Affan
14 August 2023 12:53

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan menilai bahwa Australia sebagai negara tetangga Indonesia layak menjadi mitra besar Indonesia. Sayangnya Australia belum masuk 10 besar.

Anies yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu mengatakan, memang butuh kemauan dari negara untuk bisa mengangkat level kerja sama ekonomi dua negara. 

"It takes two to tango, kita enggak bisa sendirian. Jadi ya kita berdua harus lebih sering duduk bersama. Ya kita akui saja selama ini, baik itu Australia maupun Indonesia sama-sama belum menengok kepada diri masing-masing. Yuk kita berikan prioritas," kata Anies dalam wawancara dengan Bloomberg Technoz belum lama ini di kawasan Lebak Bulus, Jakarta.

Australia menurut Anies seharusnya bisa masuk 5 besar mitra dagang Indonesia. Dia mengatakan, memang potensi kerja sama dengan banyak negara harus digali dan ditingkatkan. Namun kerja sama dengan negara tetangga dan karena itu ada kedekatan jarak.

"Kita harus masuk 10 besar, barang kali malah 5 besar karena secara jarak kita dekat dan sampai kapan pun usia bumi, kita ini tetangga. Jadi lebih baik kita saling mengisi apa yang menjadi comparative dan competitive advance-nya," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini.