Logo Bloomberg Technoz

Di Era Saham Teknologi, Valuasi Alibaba & Tencent Naik Rp1.000 T

News
09 August 2023 12:00

Tencent (Qilai Shen/Bloomberg)
Tencent (Qilai Shen/Bloomberg)

Jeanny Yu dan Jane Zhang

Bloomberg, Nilai kapitalisasi raksasa teknologi China, Alibaba Group Holding Ltd. dan Tencent Holdings Ltd mengalami kenaikan US$66 miliar atau sekitar Rp1.003,48 triliun sejak akhir Mei, didorong oleh ekspektasi kembalinya pertumbuhan dan upaya pemerintah China melepas belenggu sektor swasta. Namun beberapa investor mengingatkan euphoria kenaikan saham-saham raksasa teknologi ini terlalu dini. 

Untuk pertama kali sejak 2021, raksasa teknologi China memasuki musim penyampaian laporan keuangan dengan torehan kinerja pendapatan yang membaik. Mereka akan melaporkan tingkat pertumbuhan terkuat dalam lebih dari satu tahun. 

Didorong oleh kebutuhan untuk memulihkan ekonomi China, Presiden Xi Jinping dalam beberapa bulan terakhir telah memimpin kader Partai Komunis Tiongkok dan media pemerintah untuk menyatakan dukungan Beijing terhadap sektor bernilai triliunan dolar dimana dalam dua tahun ini mengalami tekanan.

Pada bulan Juli, Beijing mengisyaratkan bahwa mereka siap untuk membebaskan sektor ini ketika mereka menyelesaikan penyelidikan terhadap Ant Group Co. yang didukung oleh Jack Ma. Namun, para investor yang bertaruh pada titik balik berisiko mengambil risiko.