Logo Bloomberg Technoz

BKN: 1.921 Calon ASN Mundur Karena Gaji Tak Sesuai Ekspektasi

Elisa Valenta
07 August 2023 14:30

Ilustrasi PNS DKI Jakarta, (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Ilustrasi PNS DKI Jakarta, (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan sebanyak 1.921 calon Aparatur Sipil Negara (ASN) mengundurkan diri dari proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun lalu. 

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan sejumlah alasan yang melatarbelakangi pengunduran diri para calon pegawai tersebut. Selain alasan karena ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar, lokasi penempatan juga menjadi alasan pengunduran diri.

“Ada sejumlah alasan pengunduran diri peserta seleksi, salah satunya menyangkut ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar. Untuk itu BKN akan menyediakan keterangan rincian informasi setiap jabatan pada formasi yang dilamar,” terangnya dilansir dalam laman resmi BKN, Senin (7/8).

Oleh sebab itu Haryomo mengatakan BKN akan menambahkan keterangan informasi jabatan bagi pelamar ini untuk mengantisipasi peserta mengundurkan diri dengan alasan jabatan yang dilamar tidak sesuai dengan pekerjaan yang diingingkan atau penghasilan yang didapat tidak sesuai ekspektasi pelamar.

Untuk itu menurutnya pelamar diminta mempertimbangkan betul sebelum melakukan pendaftaran, baik dari aspek jabatan, lokasi, sampai dengan penghasilan. Dengan adanya menu informasi jabatan ini, pelamar seleksi CASN 2023 akan dipermudah untuk mencari tahu mengenai rincian formasi yang akan dilamar.