Logo Bloomberg Technoz

Gelombang Panas Picu Maskapai AS Kurangi Penumpang, Bahan Bakar

News
23 July 2023 15:31

Pesawat American Airlines. (Sumber: Bloomberg)
Pesawat American Airlines. (Sumber: Bloomberg)

Mary Schlangenstein - Bloomberg News

Bloomberg, Temperatur tinggi yang melanda sebagian wilayah Amerika Serikat (AS) memaksa maskapai penerbangan untuk melakukan penyesuaian di sejumlah lokasi paling terdampak. Salah satunya dengan mengurangi bahan bakar atau bagasi, dan dalam beberapa kasus mengurangi jumlah penumpang, agar pesawat dapat tetap beroperasi.

Allegiant Airlines, unit dari Allegiant Travel Co., mengatakan akan menunda penerbangan jika ada ancaman terhadap keselamatan atau kenyamanan penumpang karena suhu di wilayah Barat Daya AS terus meningkat. Di Las Vegas, tempat Allegiant bermarkas, peringatan gelombang panas telah diperpanjang hingga Minggu (23/7/2023) karena menurut data National Weather Service, suhu telah mencapai angka 38 derajat celcius sejak 30 Juni.

Sejumlah penyesuaian tersebut karena temperatur tinggi. Hal ini membuat udara menjadi kurang padat. Alhasil dapat mengurangi kinerja mesin pesawat dan jumlah daya angkat yang dihasilkan pada kecepatan tertentu.

Artinya, bobot lepas landas yang lebih rendah dan jarak lepas landas lebih jauh diperlukan untuk menghasilkan daya angkat yang cukup. Pada ujungnya, maskapai harus melakukan pengurangan beban pesawat.