Logo Bloomberg Technoz

Irwan Hermawan Disebut Akan Ungkap Kode XYZ dan S Korupsi Bakti

Fransisco Rosarians Enga Geken
15 July 2023 13:30

Pengacara Irwan Hermawan, Maqdir Ismail membawa uang senilai Rp27 M di Kejaksaan Agung, Kamis (13/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pengacara Irwan Hermawan, Maqdir Ismail membawa uang senilai Rp27 M di Kejaksaan Agung, Kamis (13/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah kode huruf belum terungkap dalam kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tahun Anggaran 2020-2022. 

Terdakwa korupsi dan Komisaris PT Solitech Media Sinergy, Irwan Hermawan menggunakan kode huruf X, Y, dan Z untuk menunjuk pada orang-orang yang menerima sejumlah aliran dana pada proyek senilai hampir Rp11 triliun tersebut. Belakangan, Kejaksaan Agung menambah sosok berinisial S sebagai orang yang mengembalikan uang Rp27 miliar kepada Irwan melalui kuasa hukumnya, Maqdir Ismail.

Maqdir sendiri mengklaim tak mengenal empat orang berkode huruf tersebut. Dia pun menolak mendetilkan profil pemilik kode X, Y, Z, dan S tersebut. Meski orang yang berbeda, Dia menilai, keempatnya memiliki kaitan dengan aliran uang Rp27 miliar dari korupsi Bakti Kominfo. 

Lantas, kapan Irwan, Maqdir dan Kejaksaan Agung akan mengungkap empat sosok tersebut?

"Saya kira lebih bagus dia [Irwan] ditanya nanti dalam proses persidangan karena itu yang legal. Kalau saya buat keterangan sekarang, tidak sesuai dengan Hukum," ujar Maqdir.