Logo Bloomberg Technoz

Yellen Bertemu Wakil PM China Selama 5 Jam di Beijing

News
09 July 2023 08:00

Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)
Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Viktoria Dendrinou

Bloomberg - Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengadakan pembicaraan lima jam dengan Wakil Perdana Menteri China He Lifeng di Beijing yang merupakan pertemuan pertama antara para pembuat kebijakan ekonomi tertinggi kedua negara di tengah upaya  meredakan ketegangan AS-China.

Pertemuan pada hari Sabtu (08/07) ini menggaris bawahi peran Yellen pada kunjungan pertamanya ke China sebagai menteri keuangan AS, sebuah perjalanan yang dia gambarkan sebagai misi untuk menghidupkan kembali hubungan antara dua ekonomi terbesar yang memburuk dalam beberapa tahun terakhir akibat isu Taiwan hingga akses teknologi.

Departemen Keuangan AS menyebut pertemuan tersebut sebagai pertemuan yang terbuka, konstruktif, dan komprehensif. Selain membahas isu yang menjadi perhatian, Yellen juga membahas "pendekatan pemerintahan Biden untuk mencari persaingan ekonomi yang sehat dengan China, dengan lapangan permainan yang setara untuk pekerja dan bisnis Amerika".

Yellen memulai dengan memberi tahu He bahwa ada "ruang yang cukup bagi perusahaan kami untuk terlibat dalam perdagangan dan investasi" meskipun ada ketegangan baru-baru ini dan bahwa AS dan China harus berkomunikasi "secara langsung" mengenai masalah ekonomi tertentu, menurut sambutannya yang telah disiapkan.