Logo Bloomberg Technoz

Indeks Kepercayaan Industri RI Pecah Rekor Tertinggi pada Juni

Wike Dita Herlinda
28 June 2023 20:10

Botol Produk perawatan kulit Citra Unilever NV di sepanjang lini produksi di pabrik perusahaan di Cikarang, Rabu (14/11/2012). (Dadang Tri/Bloomberg)
Botol Produk perawatan kulit Citra Unilever NV di sepanjang lini produksi di pabrik perusahaan di Cikarang, Rabu (14/11/2012). (Dadang Tri/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Juni 2023 bertengger di level 53,93. Capaian tersebut sekaligus memecahkan rekor tertinggi sejak indeks tersebut dilansir pertama kali oleh Kementerian Perindustrian pada November 2022.

Menurut laporan Kemenperin, IKI pada Juni 2023 naik 3,03 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal tersebut merefleksikan kinerja industri pengolahan masih ekspansif kendati permintaan global masih cenderung lesu.

Nilai IKI Juni 2023 rebound setelah sempat terkontraksi pada Mei akibat perilaku konsumsi saat libur Idulfitri yang di bawah ekspektasi. Bulan lalu, industri masih memiliki banyak stok produk. Seiring dengan habisnya persediaan, industri mulai berproduksi kembali pada Juni.

Bulan ini, optimisme pengusaha juga kembali naik didorong oleh momen-momen rutin tahunan, seperti tahun ajaran baru, libur hari raya, libur sekolah, serta peringatan HUT RI. Selain itu, pesta demokrasi yang akan berlangsung juga berpeluang meningkatkan permintaan, terutama bagi industri tekstil dan produk tekstil (TPT)maupun industri makanan dan minuman (mamin).

Mayoritas industriawan menyatakan kondisi usaha pada Juni secara umum mengalami peningkatan. Sebanyak 33,6% pelaku usaha mengatakan kondisi usaha Juni lebih baik dari Mei 2023 (naik 5,3%). Kondisi ini merupakan yang tertinggi sepanjang periode IKI.